Jumat, 24 September 2010

1 Makalah, 2 Format Halaman, 1 File

Penulis yakin semua orang yang akan meneruskan pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi akan membuat sedikitnya satu makalah. Sebagian besar orang yang penulis kenal pun juga sudah membuat makalah.
Menurut survei yang dilakukan sendiri oleh penulis, sebagian besar pemakalah menggunakan paling tidak tiga (3) file untuk menyusun sebuah makalah, dimana satu file untuk judul, satu file untuk halaman-halaman pembuka (kata pengantar, daftar isi, dll), dan satu file sisanya untuk isi makalah. Mengapa para pemakalah tersebut menggunakan tiga file? Jawabannya karena mereka belum mengerti cara menyusun halaman sehingga page number bisa menjadi 1 di tengah-tengah makalah. Untuk itulah penulis ingin agar pembaca dapat membuat suatu makalah hanya dalam satu file.
So, here comes the tutorial made for Microsoft Word 2008 (yes, I mean Microsoft Word:for Mac 2008), yet can be used for another word processing applications in similiar way.)
Gunakan fasilitas sections yang merupakan fitur bawaan Microsoft Word.
  1.  Sebelum membuat makalah, buatlah lembar covernya terlebih dahulu.
  2. Setelah selesai membuat cover, letakkan cursor di bagian paling akhir dari halaman tersebut.
  3. Klik Insert > Break > Section Break (Next Page) {Kalau tidak ada pilihan next page atau lainnya, biasanya defaultnya adalah membuat section break di next page}
  4. Susun section pendahuluan dari makalah (kata pengantar, daftar isi, dll) {Jika terus mengikuti, penulis akan memposting tentang cara menyusun TOC (Table of Contens alias daftar isi) yang secara otomatis terupdate di sini, jadi proses membuat daftar isi dapat dilewati terlebih dahulu}
  5. Setelah selesai menyusun section tersebut, letakkan cursor di bagian paling akhir dari section tersebut dan ulangi langkah 3.
  6. Susun section isi dari makalah
  7. Di section pendahuluan, Klik View > Header and Footer
  8. Klik Insert > Page Numbers (atau di Ms. Word 2000 – 2003 for Windows, biasanya sudah ada dialog box tentang page number)
  9. Blok page number yang ada, klik Format Page Number (untuk mengganti menjadi bentuk angka romawi)
  10. Di dialog box yang muncul, ubah number formatnya menjadi bentuk yang diinginkan), klik OK
  11. Sekarang lihat page numbering yang sudah dihasilkan. Tidak dimulai dari halaman satu? Inilah cara membereskannya: Blok page number di section yang bermasalah, klik Format Page Number, lalu di bagian Page Numbering, klik “Start at:”, isi text box nya dengan halaman yang dikehendaki (untuk kasus makalah, biasanya diisi dengan angka 1).
  12. Ulangi langkah 9 sampai dengan langkah 11 di setiap section yang bermasalah.


~By ; http://sotoko.byethost17.com/1-makalah-2-format-halaman-1-file/ ~

!-- START: PDF Online Script -->

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com